Pernah denger Telaga Sarangan? Ada yang bilang sudah ada yang belum. Kurang populer ya? Nah, atas dasar itulah Mas Yayan akan mengulas sedikit tentang apa, di mana, dan ada apa di Telaga Sarangan itu!

Mas Yayan berkunjung ke Telaga Sarangan mungkin sudah untuk yang kesekian kalinya, maklumlah Mas Yayan lahir di Kota Madiun yang jaraknya hanya sekitar 35 kilo. Sejak kecil sampai sekarang ini – kunjungan yang terakhir dalam rangka idul fitri 1431 H tanggal 11 September 2010 – keadaan Telaga Sarangan ya masih kayak itu itu ajah.

Setelah beberapa jam perjalanan – lupa berapa tepatnya maklum sepanjang perjalanan hanya tidurrrrr di mobil hehehehehe – dari Madiun sampailah ke Sarangan. Sarangan itu berada di kaki Gunung Lawu, masuk Kecamatan Plaosan, Magetan, Jawa Timur. Jarak dari Kota Madiun ya 35 kilometerlah – atau mungkin juga bisa kurang atau lebih – tapi kalau dari Magetan 16 kilometer. 

“Telaga Sarangan adalah telaga murni bentukan alam yang luasnya hampir 30 hektare dengan kedalaman 28 meter. Suhu udara di Sarangan antara 18 hingga 25 derajat Celcius – tapi waktu Mas Yayan sampai ke hotel terjadi badai kabut yang pekat, bahkan jarak pandang 100 meter pun tak nampak ditambah hujan yang menambah dingin hingga menusuk tulang.”

Selain telaga, daya tarik yang cukup menjanjikan ialah air terjun dan pasarsayur. Dari telaga jarak menuju air terjun cukup jauh, itu pun tidak bisa menggunakan kendaraan bermotor hanya jalan kaki saja. Butuh perjuangan ! Tapi begitu sampai di air terjun, tak kan ada penyesalan dan air mata…. (Yuni Shara abisss)

Pasar sayur yang satu ini BERBEDA dengan lainnya! Tanya kenapa? Karena sayur yang dijual benar-benar baru dipetik dari ladang, jadi bener-bener deh kerasa freshnya sayur asli pegunungan ! Saran Mas Yayan, kalau belanja ke sini waktu pagi ajah deh ! Soalnya kan sayurnya masih pure nature ! Asli alam… 

Mampir ke Sarangan kayaknya kagak afdol kalau engga ngincipi sate kelinci yang dapat dengan mudahnya ditemui. Harganya??? Mungkin sekitar 10 ribu ke bawah kok ! Dan jangan takut kagak dapet tempat nginep, dari hotel berbintang sampai hotel kelas melati, santai saja lah…

Oke deh, itu sepintas tentang Telaga Sarangan dari Mas Yayan. Bagi yang sudah pernah maen ke Sarangan, jangan lupa critain ke temen-temennya, saudara-saudaranya, kalau Sarangan tuh 100 % ajibbb !